Monday, November 21, 2011

CARA BUAT PARTISI MEMORI CARD DI ANDROID

Kartu memori di ponsel android selalu jadi menu wajib. Selain untuk menyimpan data seperti foto, video, musik dan dokumen, kartu memori juga berfungdi sebagi penyimpan aplikasi dan games. Semenjak dikeluarkannya versi froyo, ponsel android kini memiliki kemampuan untuk memindahkan aplikasi dan game yang ada di sistem ke dalam kartu memori.

Namun kendalanya, kecepatan akses data maupun aplikasi dan games akan berkurang seiring dengan semakin sempitnya ruang di kartu memori. 

Karena hal tersebut diatas ada cara untuk mempartisi kartu memori untuk ponsel android. Pada prinsipnya, dikartu android akan dibagi menjadi 2 tipe yaitu partisi Ext3 (linux) dan partisi FAT32.

Untuk perangkat, kamu memerlukan sebuah komputer bersistem operasi windows, card reader (atau juga bisa memakai ponsel android) dan software Partition Wizard yang dapat diunduh secara gratis di http://www.partitionwizard.com/free-partition-manager.html

Langkah-langkahnya :
1. Backup data di kartu memori ke dalam komputer atau laptop. Dengan menggunakan card reader atau dihubungkan langsung ke pc melalui kabel data. Langkah ini sangat penting karena kartu memori anda akan dihapus dan partisinya akan dihilangkan terlebih dahulu.

2. Install software MiniTools Partition Wizard yang telah didownload tadi di komputer.

3. Masukkan kartu memori ke card reader lalu hubungkan dengan komputer. Jika tidak memiliki card reader, kamu dapat memanfaatkan ponsel android sebagai card reader dan memfungsikannya sebagai 'memori storage'.

4. Jalankan software Mini Tools. Jika terbaca, maka kartu memori akan terlihat di bawah menu Disk2.

5. Hapus partisi di kartu memori dengan menyorotnya dan menekan tombol 'delete' di bagian atas atau melalui klik kanan.

6. Contoh, misal kamu memiliki kartu memori 2 Gb, akan dibuat 2 buah partisi. Partisi pertama menggunakan Format Ext3, adalah partisi untuk linux sebesar 500mb. Digunakan untuk menginstal/memindahkan aplikasi dari memori internal ke kartu memori. Langkah membuat partisi adalah menyorot kartu memori dan menekan tombol 'create' piluh 'create as' primary dan file system 'Ext3'. Kemudian atur 'partition size' menjadi 500mb. Setelah pengaturan selesai tekan tombol 'ok'

7. Dengan cara yang sama, buat partisi kedua dengan tipe partisi FAT32. Caranya, sorot bagian yang belum terpartisi, kemudian tekan tombol 'create' di atas atau melalui menu klik kanan. Gunakan seluruh ruang yang belum terpartisi. Partisi ini nantinya akan digunakan untuk menyimpan data-data seperti dokumen, file musik, foto, video, dan file data lainnya.

8. Setelah yakin langkah-langkah yang kamu lakukan sudah benar, klik tombol 'apply' dibagian kanan atas. maka proses partisi kartu memori segera berlangsung.

9. Jika memiliki kartu memori dengan kapasitas yang cukup besar, kamu bisa membuat partisi ke 3 dengan format swap.
Partisi Swap digunakan untuk membantu kinerja RAM. Biasanya partisi swap dibuat sebesar 2 kali besar RAM.

info : BG Pulsa

1 comment:

Unknown said...

Ijin share di blog ane ya gan...